Contoh Mosi Debat Tentang Kepemimpinan

Ilustrasi debat intern membahas kejadian terkini. Foto: unsplash.com/evangelineshaw


Jelaskan beberapa acuan tema nan dapat dijadikan referensi


debat

! Kalimat tersebut comar digunakan cak bagi berburu materi nan akan diperdebatkan. Takdirnya berbicara adapun debat, pasti terpikirkan dengan orang-khalayak yang mencalonkan diri andai pembesar, baik pejabat daerah ataupun pemimpin negara. Namun depat dapat dilakukan barangkali saja. Maksud berpangkal debat merupakan mengkaji, mendiskusikan, dan memutuskan perbedaan nan cak semau. Hal yang pertama dilakukan sebelum mengamalkan debat adalah menentukan tema. Berikut 2 contoh tema yang dapat dijadikan teks debat lengkap dengan penjelasannya.


2 Pola Tema yang Bisa Dijadikan Referensi Debat Acuan dengan Penjelasannya


Berdasarkan


Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

, debat adalah pembahasan dan persilihan pendapat akan halnya suatu situasi dengan saling membagi alasan cak bagi mempertahankan pendapat masing-masing.


Tentatif dikutip terbit buku


Pembelajaran Debat


karya


Muhammad Zein Iqbal Suherwin Dan Herly Dayanti (2020:9)

, debat yaitu kegiatan bikin mempertahankan pendapat dengan disertai argumen yang membantu untuk memperoleh kemenangan atas pendapat yang diyakininya benar.


Banyak sekali tema yang bisa diangkat n domestik mengerjakan perebatan.


Tema


dalam debat demap disebut dengan mosi. Kehadiran mosi dalam sebuah perdebatan sangatlah pengitng. Sebab, intern setiap debat pasti cak semau pihak yang memihak dan kontra.


Ciri-ciri sebuah mosi dalam debat ialah:


  • Seimbang antara pro dan kontra


  • Titik api pada suatu peristiwa

Ilustrasi Tema acara debat. Foto: unsplash.com/headwayio


Contoh tema atau mosi yang dapat diangkat dalam sebuah perdebatan di antaranya:


1. Perpindahan Ibukota Indonesia


Negara Indonesia akan menularkan Ibukota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Banyak sekali cak membela dan kontra yang ada lega perpindahan Ibukota Indonesia. Sehingga sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai tema maupun mosi sebuah perdebatan.


2. Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung


Pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung boleh mempersingkat durasi waktu perjalana. Diperkirakan, perjalanannya hanya membutuhkan waktu 36 menit. Padahal, normalnya dibutuhkan musim 3 jam lebih.


Namun bagi membangun kereta cepat membutuhkan biaya yang sangat segara. Sehingga apakah peristiwa tersebut pantas dilakukan. Sehingga, pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung bisa menjadi tema atau mosi yang bisa diangkat intern sebuah debat.


Nah, itu dia 2


contoh


tema nan dapat digunakan buat debat





beserta penjelasannya. Semoga informasi di atas dapat menjadi bacaan internal melakukan acara debat. (MZM)

Source: https://kumparan.com/berita-terkini/2-contoh-tema-yang-dapat-dijadikan-teks-debat-lengkap-dengan-penjelasannya-1yCqGNeqXC7

Posted by: bljar.com