10 Tips Memilih Baju Tari Bungong Jeumpa Terbaru Di Tahun 2023

Tari Bungong Jeumpa Sejarah & Makna Dibaliknya Mengenal Indonesia
Tari Bungong Jeumpa Sejarah & Makna Dibaliknya Mengenal Indonesia from mengenalindonesia.com

10 Tips Memilih Baju Tari Bungong Jeumpa Terbaru di Tahun 2023

Pengenalan Baju Tari Bungong Jeumpa

Baju tari bungong jeumpa adalah kostum yang digunakan dalam tarian tradisional Aceh yang biasa ditarikan pada acara-acara adat seperti pernikahan atau penyambutan tamu penting. Kostum ini terdiri dari beberapa bagian seperti baju, kain, dan aksesoris lainnya yang digunakan pada bagian kepala dan leher.

Kriteria Memilih Baju Tari Bungong Jeumpa

1. Bahan Kain

Pilihlah baju tari bungong jeumpa yang terbuat dari kain yang berkualitas tinggi, seperti sutra atau katun yang halus dan ringan. Hal ini akan memudahkan Anda ketika menari karena kain yang tidak terlalu berat akan membuat Anda lebih leluasa bergerak.

2. Warna

Warna yang paling umum digunakan pada baju tari bungong jeumpa adalah merah, hijau, dan kuning. Namun, Anda juga bisa memilih warna lain yang lebih cocok dengan selera dan tema acara yang akan dihadiri.

3. Ukuran

Pilihlah baju tari bungong jeumpa yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda agar nyaman saat digunakan. Pastikan juga baju tersebut tidak terlalu ketat atau longgar agar gerakan Anda tidak terganggu saat menari.

4. Model

Pilihlah model baju tari bungong jeumpa yang cocok dengan bentuk tubuh dan selera Anda. Ada beberapa model yang bisa dipilih, seperti model baju dengan potongan lurus atau lebar, atau model baju dengan potongan yang lebih modern.

5. Aksesoris

Baju tari bungong jeumpa biasanya dilengkapi dengan aksesoris seperti selendang, kalung, dan gelang. Pastikan aksesoris tersebut cocok dengan warna dan model baju yang dipilih.

Cara Merawat Baju Tari Bungong Jeumpa

Setelah membeli baju tari bungong jeumpa, pastikan Anda merawatnya dengan baik agar tetap awet dan tahan lama. Berikut adalah beberapa tips merawat baju tari bungong jeumpa:

1. Cuci dengan Lembut

Cuci baju tari bungong jeumpa dengan menggunakan deterjen yang lembut dan air dingin. Hindari menggunakan mesin cuci karena dapat merusak kain dan aksesoris pada baju tersebut.

2. Jemur di Tempat yang Tidak Terkena Sinar Matahari Langsung

Jemur baju tari bungong jeumpa di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini akan membuat warna pada baju tetap terjaga.

3. Simpan di Tempat yang Tidak Lembab

Simpanlah baju tari bungong jeumpa di tempat yang kering dan tidak lembab. Hindari menyimpannya di lemari yang terlalu rapat atau terlalu terbuka karena dapat merusak kain dan aksesoris pada baju tersebut.

Inilah Baju Tari Bungong Jeumpa yang Sedang Viral di Tahun 2023

Di tahun 2023, baju tari bungong jeumpa dengan model modern sedang menjadi tren di kalangan remaja. Model baju tersebut memiliki potongan yang lebih simpel dan warna yang lebih terang, seperti pink, biru, atau ungu. Namun, tetap mempertahankan ciri khas dari baju tari bungong jeumpa, seperti aksesoris pada bagian kepala dan leher.

Ulasan Baju Tari Bungong Jeumpa

Baju tari bungong jeumpa adalah salah satu kostum tradisional yang paling indah dan elegan. Selain itu, baju tari ini juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi di Aceh. Dengan memilih baju tari bungong jeumpa yang tepat, Anda akan terlihat cantik dan anggun saat menari.